Thursday, October 25, 2012

Gudeg Wijilan

Jogja jogja jogja, kuliner yang berasal dari kota ini memang tidak ada habisnya, dari masakan jenis besar, cemilan bahkan extreem kuliner pun ada di Jogja. Bahan utama berasal dari buah Nangka muda apalagi kalau bukan Gudeg. Masakan manis ini memang jadi masakan foforit masyarakat Jogja  bahkan wisatawan domestik ataupun mancanegara. 
Berbicara tentang Gudeg, saya perkenalkan dulu letak atau pusat masakan ini, terletak di sebelah timur alun-alun utara tepatnya di Jalan Wijilan Yogyakarta, disana terdapat sekitar 13 penjual masakan gudeg, berjejer-jejer hingga tempat ini menjadi sentralnya masakan gudeg di Jogja.

Salah satu pelopor gudeg di Yogyakarta adalah Yu Djum dan Bu Slamet, beliau mendirikan warung dan berjualan gudeg pada tahun 1946. Banyak artis-artis yang sudah datang di sentralnya gudeg Yogyakarta ini.
Bahkan sekarang di Jalan Wijilan sudah terdapat beberapa penjual yang menyajikan menu yang sama, kita bisa memilih tempat dimana kita akan menkmati hidangan yang berbahan buah Nangka ini.

Salah satu tempat penjual gudeg di Jalan Wijilan

Yang disajikan Gudeg Jogja ini tidak nasi dengan gudeg saja, tapi lebih nikmat dengan mengkombinasikan dengan suwiran daging ayam, atau telur ayam rebus coklat serta sambel goreng krecek, emmmmmm..jadi laper dab...
Biasanya warung gudeg sudah dibuka pada pukul 7 pagi sampai dengan 9 malem, kalau musim liburan tiba pengunjung gudeg di Jalan Wijilan ini menambah banyak. 

No comments:

Post a Comment