Thursday, October 25, 2012

Walang Goreng Wonosari Gunung Kidul

Walang Goreng yang berasal dari bahasa jawa yang artinya belalang goreng. Walang Goreng ini dijual rentengan dengan harga 2000 - 4000 Rupiah per renteng, lumayan murah kan? tapi belum dimasak, masih dalam bentuk mentah mati atau hidup, ada juga yang disajikan dalam bentuk matang. Walang Goreng banyak dijual di daerah Gunung Kidul Yogyakarta. Ketika saya mau pergi ke tempat teman saya yang kebetulan berasal dari gunung kidul, saya penasaran apa yang dijual bapak-bapak di pinggir jalan raya yang bentuknya seperi serangga atau sejenisnya, ketika saya dekati ternyata belalang, sontak saya tambah penasaran dengan apa yang dijualnya, dari pada banyak penasaran saya beli saja 3 renteng dan waktu itu saya tidak tahu mau diapakan belalang tersebut, langsung dalam benak saya ingin berencana memasaknya, kebetulan juga teman saya mau memasakannya buat saya dan teman-teman yang lain.


 Walang Goreng yang masih mentah

Kata orang walang goreng dapat meningkatkan  stamina tubuh. Rasa yang dihasilkan walang goreng  ini terasa seperti menikmati sejenis cemilan yang renyah, pokoknya terasa gurih dan pastinya enak. Walang ini ditangkap oleh masyarakat sekitar dengan menggunakan jaring, di gunung kidul terdapat kebun-kebun jati yang bagi masyarakat sekitar jadi ladang pencari walang, dan juga terdapat jurang-jurang yang banyak terdapat walang disana, bagi anda yang ingi berwisata bahari di Gunung Kidul tidak salah anda harus menikmati Walang Goreng

No comments:

Post a Comment