Thursday, October 25, 2012

Sate Klatak Pak Bari Yogyakarta

Sate Klatak Pak Bari adalah salah satu penjual sate klatak yang terkenal di kota Jogja. Sebenernya ada banyak penjual sate klatak di kota Jogja ini, tapi sentral sate klatak terdapat di pasar Jejeran deretan Jalan Imogiri Timur. 
Saya pernah mencoba mencicipi kuliner khas Jogja ini yaitu di Sate Klatak Pak Bari. Pembeli yang membeli Sate Klatak Pak Bari kebanyakan adalah orang-orang yang berstang bunder, tau kan maksutnya? orang-orang menengah atas, tidak dapat dipungkiri bahwa Sate Klatak Pak Bari ini memang sudah terkenal di Jogja. Sesuai dengan gambar yang ada, sate klatak ini disajikan dengan 2 tusuk sate kambing dengan tusukan sate berasal dari jeruji sepeda, unik kan??. Alasan Pak Bari menggunakan jeruji sepeda sebagai tusukan sate karena panas penghantar dari besi jeruji sepeda membuat kematangan pada daging tersebut lebih sempurna, ketika saya pikir-pikir bener juga alasan kenapa penjual sate klatak menggunakan jeruji sepeda sebagai tusukannya.


Kalau anda tahu bumbu utama pembuat sate klatak ini anda pasti terheran-heran, bumbu hanya menggunakan garam saja, tapi rasanya tidak kalah enak dengan rasa sate-sate yang lain.
Harga 1 porsi sate klatak ini di hargai 12.000 rupiah. Kalau anda sudah mencicipi rasa sate klatak Pak Bari ini, anda juga perlu mencoba tongseng dan gule yang juga disediakan di Pak Bari ini.
Ada satu lagi yang khas, gula sebagai bahan pemanis untuk teh menggunakan gula batu tradisional yang menciptakan rasa khas pada satu gelas teh tersebut.    
Sate Klatak Pak Bari hanya buka pada malam sampai dini hari, karena kalau siang hari pasar yang dipakai Pak Bari jualan juga beroperasi sebagai wajarnya pasar biasa, jadi kalau anda ingin mengunjungi Sate Klatak Pak Bari ini hanya ada di malam hari.

No comments:

Post a Comment