Tuesday, October 30, 2012

Pasar Malam Dugderan Semarang

Bila anda warga asli kota Semarang pasti tahu dengan acara yang biasa diselenggarakan sebelum bulan puasa ini, yaitu Dugderan. Biasanya Dugderan diadakan selama seminggu sebelum hari puasa. Dugderan diadakan sekitar Masjid Besar Kauman Semarang. 
Kebetulan saya tiba di Semarang waktu malam hari jadi saya hanya melihat pasar malam Dugderan karena esok paginya saya harus ke Traveling lagi ke Kota Kudus.
Tradisi ini memang sudah rutin dilaksanakan karena memang tradisi ini sudah dilaksanakan sejak ratusan tahun yang lalu. Dugderan tidak hanya menguntungkan bagi masyarakat Semarang tapi juga menguntungkan bagi penjual-penjual kaki lima yang berada di sekitar Masjid Besar Kauman, bahkan keuntungan juga dirasakan tukang parkir yang menyediakan lapak parkir bagi pengunjung yang ingin merasakan pasar malam yang semakin malam semakin ramai. 




















Seperti gambar yang bisa anda lihat, pasar malam menyediakan wahana bermain bagi pengunjung yang ingin mencoba dengan permainan yang sering kita lihat pada acara pasar malam-pasar malam lainnya.
Kita juga bisa mencoba macam-macam kuliner yang disediakan di pasar malam Dugderan ini, tidak hanya makanan yang ada di sana tapi garabah-gerabah hasil tangan masyarakat juga banyak dijual di sana, seperti hiasan kamar, boneka kayu,dan masih banyak yang lainnya.

No comments:

Post a Comment