Thursday, October 25, 2012

Kopi Joss Yogyakarta

Bagi penikmat kopi, ada warung kopi di kota Yogyakarta yang perlu anda coba, kalau orang Jawa menyebutnya angkringan. Kopi Joss, nama yang unik mengingatkan kita pada salah satu iklan..he..he..jangan disebut namanya. Letak angkringan kopi joss ini terletak di belakang setasiun Tugu, atau di Jalan Mangku Bumi, sebelum setasiun Tugu dari arah utara atau Tugu Jogja belok kanan. Kopi joss pertama kali diperkenalkan oleh Pak Man (Lek Man). Keunikan dari Kopi Joss ini adalah terletak pada campuran kopi yang bagi anda baru mencoba kopi ini akan sangat terheran-heran, kopi tersebut diberi arang yang membara yang siap untuk disajikan, katanya campuran arang ini tidak semata-mata untuk pelengkap atau agar unik saja, ternyata campuran arang ini berkhasiat mengurangi nikotin yang terkandung dalam kopi, percaya atau tidak percaya silahkan. Asal dari kata Kopi Joss ini sendiri berasal dari arang tersebut, waktu akan dimasukan arang yang masih membara ke dalam gelas berisi kopi, josssss........begitulah bunyinya, maka diberilah nama Kopi Joss.
Sedikit cerita saja, kebetulan saya  kuliah di Yogyakarta, pertama kali saya tinggal kos di kota Jogja hal yang ingin saya lakukan adalah keliling kota Jogja sambil mencoba khasnya kota Jogja, ternyata saya mendengar ada angkringan yang disitu menyajikan kopi yang khas, langsung saya mengajak teman saya untuk mencoba kopi ini, dan ternyata emang lain dari dari pada yang lain, pokoe josss tenan, ,mantep, tombo ngantuk.

No comments:

Post a Comment